STUDY PARENTING

Mendidik Anak Bertanggung Jawab
Sebagai orang tua …tentunya tidak mudah mendidik dan mengendalikan anak, apalagi setiap anak membawa karakter dan sikap yang berbeda-beda. Terlepas dari berbagai kesulitan tersebut, orang tua tetap memiliki posisi penting untuk mampu mendidik dan membina anak baik lahiriah maupun batiniah….Di antara hal penting yang wajib diajarkan kepada anak adalah bagaimana memiliki rasa tanggung jawab. Beberapa trik yang bisa ditanamkan kepada anak agar mampu bertanggung jawab yaitu:
 Ajari anak untuk bisa diandalkan.
Anak-anak belajar percaya diri dari memiliki orang tua yang bisa dipercaya…maka jika Anda menjanjikan sesuatu kepada sang anak…coba untuk tepati!!
Jika terjadi sesuatu yang membuat anda tak mampu menepati janji coba jelaskan kepada anak secara jujur.
 Ajari anak untuk merawat diri sendiri.
Biarkan anak mulai belajar bertanggung jawab untuk diri sendiri dalam hal-hal kecil…kemudian tingkatkan secara bertahap, mulai dari menggosok gigi sendiri, mengganti baju, membersihkan kamar…dll.
 Beri anak peran dalam keluarga.
Beritahu anak bahwa kontribusi mereka membantu keluarga, sedikit demi sedikit beri anak tugas yang bisa mereka pertanggung jawabkan seperti menata meja dan rumah, memberi makan hewan, dll….
 Ketrampilan mengatur.
Ajari anak membuat daftar “ to do “ dengan tanggal penyelesaian. Buat aturan mengutamakan pekerjaan rumah (PR) daripada bermain atau menonton TV.
 Sabar.
Perlu untuk ditumbuhkan sifat ini kepada anak. Jika anak anda mengerjakan banyak tanggung jawab, maka luangkan waktu bicara dengan mereka dan ajari bagaimana cara bersabar dengan menunda kesenangan.
 Perluas cakupan.
Ketika anak bertambah dewasa, maka tingkatkan tanggung jawab mereka misalnya mengantar adik ke sekolah..dll. tanggapi tanggung jawab mereka dengan serius dan ungkapkan kebanggaan anda setelah mereka menjalankan tanggung jawab dengan baik.
 Menghadapi perilaku yang tak bertanggung jawab.
Ajari anak untuk siap menghadapi resiko jika melanggar atau berbuat kesalahan. Ex: jika anak ingin bermain dengan temannya maka ingatkan dia untuk tetap menyelesaikan tanggung jawabnya di rumah.
 Siapkan mereka untuk mandiri.
Ajari anak ketrampilan dasar untuk hidup seperti belanja bahan makanan, memasak, mencuci baju…dll.
 Membangun dunia yang lebih baik.
Beri anak pengalaman-pengalaman dalam membuat keputusan sejak dini…kemudian biarkan mereka mematuhi pilihan-pilihan mereka. Jika mereka melanggar garis moral/etika…Tanya pada mereka bagaimana cara mereka bisa memperbaiki daripada menetapkan hukuman. Kemudian tekankan perilaku bertanggung jawab seseorang mampu membangun dunia yang lebih baik…

Bagaimana Menguatkan Anak agar Melakukan Perubahan Penting & Baik dalam Hidup
 Ajari anak menemukan kegembiraan dalam kebahagiaan orang lain.
Sering terjadi ketika seorang anak berulang tahun atau lulus dari akademi mendapatkan hadiah dari orang tua..kemudian kakak atau adik mereka juga mendapat hadiah. Maka daripada mencoba menciptakan persamaan setiap saat…coba bantu mereka menemukan kebahagiaan dalam setiap perayaan/prestasi dan saat bahagia orang lain. Jika anak tumbuh dengan belajar berempati, minimal menyiapkan mereka untuk hidup dengan kepuasan emosional.
 Izinkan mereka merasa marah.
Membiarkan anak mengalami sejumlah perasaan dan berdamai dengan apa yang terjadi dalam hati & kepala mereka, sehingga mereka mampu mengenali dan mengatasi apa yang terjadi di sekitar.
 Biarkan mereka menyelesaikan masalah-masalah sendiri.
Anak-anak sering membuat berantakan. Awalnya mereka perlu belajar dari orang tua cara membersihkan semuanya, tetapi terkadang cara terbaik adalah membiarkan mereka menemukan caranya sendiri.
 Beri mereka ruang untuk mencipta.
Beri kesempatan anak untuk bisa mengisi hari mereka secara indah dan merasa senang dalam proses tersebut.
 Bermain, meluncur, dan berayun….no Gadget setiap saat!!
 Beri contoh khasiat energy positif.
Mencontohkan sifat-sifat positif dan produktif akan mendorong mereka melakukannya daripada hanya teori yang disampaikan.
 Tatap mata mereka.
Tatap mata mereka ketika mengajari bagaimana cara bersikap pada orang lain. Misalnya ketika berterima kasih atau menyapa atau mendengarkan orang lain berbicara.
 Latih mereka komunikasi non verbal.
Ketika anak sangat kecil, anda harus terlibat dalam segala sesuatu yang mereka lakukan. Bantu mereka mengetahui cara menangkap petunjuk-petunjuk non verbal dari sikap orang lain.
 Biarkan mereka melakukan sesuatu dengan cara yang diinginkan…asalkan tidak tidak melanggar batas syari’ah dan etika beragama.

Semoga bermanfaat…….

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s