KEKUATAN PIKIRAN

Hari ini anda tergantung pada pikiran saat ini,

Besok anda ditentukan oleh kemana pikiran membawa anda.

Pikiran dianggap sebagai penentu kinerja hidup manusia,  pendorong perasaan dan perbuatan serta dampaknya kemudian berlaku sebagai penentu kondisi jiwa, tubuh, kepribadian dan rasa percaya diri. Oleh karenanya pikiran manusia ditentukan oleh proses kuat yang mempengaruhi perkembangannya. Diantara faktor proses yang mempengaruhi yaitu:

–         Orang tua

Faktor orang tua menempati kedudukan terpenting dalam perkembangan pikiran, karena dari mereka manusia banyak belajar mengenai tolak ukur referensi berpikir seperti kata-kata, perilaku, ekspresi wajah, norma dan keyakinan, serta prinsip.

Seperti prinsip yang disampaikan oleh Ratu Elizabeth II, “Aku belajar seperti proses belajarnya kera yang menyaksikan orang tua dan meniru mereka”.

–         Keluarga

–         Masyarakat

–         Sekolah

Dalam hal ini sekolah berpengaruh dalam proses pembelajaran baik secara positif maupun negatif, meski dalam lingkup informal maupun nonformal.

–         Teman

Faktor teman dianggap paling penting setelah orang tua, pasalnya dengan bentuk pergaulan bersama teman membuktikan kebebasan dan aktualisasi diri seseorang di dalam masyarakat.

–         Media massa

–         Diri sendiri

Dalam konteks diri sendiri, cara berpikir tersebut dapat dilakukan secara lebih mendalam dan kuat dari yang dapat dibayangkan manusia. Dengan berpikir mampu melahirkan pengetahuan, pemahaman, nilai, keyakinan dan prinsip.

“ jika Anda ingin sukses, pelajarilah kesuksesan dan berpikirlah seperti orang-orang yang sukses. Jika Anda ingin bahagia, pelajari kebahagiaan dan berpikirlah seperti orang-orang yang bahagia. Ingat bahwa pikiran adalah hasil dari pilihanmu sendiri! Sebelum Anda memilih pikiran, maka pertimbangkan baik-baik ! jika memiliki dampak positif, mantapkan ia sebagai pengontrol perbuatan Anda secara konsisten!!”.

Pikiran manusia mampu membuat arsip memori dalam akal. Arsip dalam akal terekam melalui pengetahuan, bahasa, norma dan keyakinan. Setiap kali menghadapi pengalaman baru otak mengidentifikasi dengan data-data yang sudah ada dan menyimpan pengalaman baru dalam file sejenis. Pikiran juga melahirkan mindset (pola pikir), sehingga segala sesuatu dalam kehidupan terbentuk dari mindset. Beberapa hal yang dipengaruhi oleh pikiran diantaranya:

–         Pikiran mempengaruhi intelektualitas

Segala hal yang dipikirkan manusia menjadi arah bagi akal, sehingga semampu mungkin akal akan bekerja dan mewujudkan pikiran tersebut. Seperti contoh: jika yang muncul dalam pikiran adalah bangun malam untuk sholat tahajud dan sholat shubuh tepat waktu maka akal akan berkonsentrasi terhadap hal tersebut.

–         Pikiran mempengaruhi fisik

Seperti yang diutarakan Herbert Spencer “ akal dan tubuh saling mempengaruhi”. Apa yang manusia pikirkan dan katakan diambil oleh otak , selanjutnya otak membuka data-data yang sesuai dengan pikiran kemudian pikiran mempengaruhi gerakan tubuh dan ekspresi.

–         Pikiran mempengaruhi perasaan

–         Pikiran mempengaruhi sikap

Manusia dibentuk oleh kehidupan, pengetahuan, nilai-nilai dan keyakinan yang melahirkan sikap. Maka lebih dari 90% sikap manusia bersifat spontan tanpa pertimbangan logis. Sikap ini sering terjadi karena kebiasaan dan pengaruh dari luar.

–         Pikiran mempengaruhi hasil

Pikiran memiliki mata rantai yang terus berputar. Bermula dari pikiran kemudian konsentrasi kemudian perasaan kemudian melahirkan sikap dan menuju hasil  (positif atau negative).  Jika seseorang menilai hasil yang didapat tidak membantunya untuk maju dalam kehidupan maka hal yang dilakukan adalah mengubah akar pikiran dalam dirinya. Seperti yang dikatakan ilmuwan Plato “ ubah pikiran Anda niscaya kehidupan Anda berubah”.

–         Pikiran mempengaruhi citra diri

–         Pikiran mempengaruhi harga diri

Penghargaan terhadap diri sendiri kadang menjadi penyebab utama kesengsaraan atau kebahagiaan seseorang, sebab penghargaan terhadap diri sendiri berhubungan dengan perasaan menerima atau tidak menerima untuk menghargai diri sendiri. Maka mengubah sikap terhadap diri sendiri harus dimulai dari mengubah pikiran. Terdapat 3 pondasi penghargaan terhadap diri sendiri yaitu: menerima diri sendiri, harga diri, dan mencintai diri sendiri.

Bagaimana hubungan antara pikiran dan percaya sendiri? Pikiran positif membantu percaya diri sehingga dampaknya adalah perbuatan positif yang membantu manusia berani menghadapi tantangan hidup. Maka jika ingin benar-benar meningkatkan dan memperkuat rasa percaya diri, tanamkanlah pikiran positif!!

–         Pikiran mempengaruhi kondisi jiwa

–         Pikiran mempengaruhi kesehatan

Dalam buku “ Energi Medicine” yang ditulis oleh Herbert Spencer dikatakan bahwa “apa yang dipikirkan oleh akal berpengaruh pada seluruh anggota tubuh dalam dan luar termasuk ekspresi wajah dan gerakan tubuh”.

–         Pikiran melampaui batas waktu & jarak

Jika pikiran melampaui ruang batas waktu dan jarak, maka tidak mustahil kekuatan pikiran mampu membuat seseorang dibayangi masa lalu dan menjadi takut pada masa depan sehingga setiap waktu yang dilalui menjadi mata rantai kesengsaraan, namun juga mampu menjadi kekuatan yang bisa menciptakan kebahagiaan jika difungsikan secara positif.

–         Pikiran menambah dan mengurangi energy

–         Pikiran melahirkan kebiasaan

Kebiasaan manusia terbentuk dari cara yang sama yaitu pengulangan perilaku kemudian diikat dengan perasaan sehingga terbentuk file yang berkaitan dengan kebiasaan kemudian terekam di akal bawah sadar dengan kondisi yang sama dan menghasilkan sikap yang sama. Memang terlihat pikiran itu tampak sederhana, namun ia dapat menciptakan kebiasaan yang serupa dengan pikiran tersebut.

Hidup adalah pantulan pikiran dan keyakinan batin setiap masing-masing manusia. Untuk mengubah hidup yaitu dengan mengubah pikiran.

 لاَ يُغَيِّرُ اللهَ بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُ مَا بِأَنْفُسِهِمْ ( الرعد 11)

            “ Allah tidak akan mengubah suatu kaum, sampai mereka mengubah diri mereka”.

Jika Anda menginginkan perubahan, maka ubahlah file batin Anda, perubahan akan terlihat di alam luar Anda secara otomatis. Mahatma Gandi mengatakan, “Buatlah perubahan dalam hidup Anda, ketika Anda mengubah apa yang ada dalam diri Anda, dunia akan mengikuti apa yang Anda inginkan”. Dalam hal ini Rasulullah SAW juga bersabda “Bersikaplah optimis terhadap kebaikan, niscaya kalian mendapatkannya. Berdoalah kepada Allah SWT dengan keyakinan, ketahuilah bahwa Allah tidak menerima doa dari hati yang lalai dan bermain-main”.

Wallahu’alambishawab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s