MASA MANUSIA

Banyak yang beranggapan bahwa kehidupan yang sebenarnya dimulai setelah berumur 40 tahun. Anggapan tersebut mungkin berhubungan dengan usia kebanyakan manusia pilihan Allah SWT yang diangkat menjadi Nabi atau Rasul. Termasuk juga Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul pada usia beliau 40 tahun.

Pada masa ini keseluruhan aspek pribadi manusia berikut pengalaman hidupnya dianggap sudah matang. Pada masa inisudah seharusnya lebih memperhatikan peningkatan kualitas diri dan kuantitas pengalaman ajaran agama Islam (lebih tekun beribadah, bertaubat dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT), tentu saja dengan memperhatikan dan berpartisipasi aktif  terhadap keluarga dan masyarakat sekitar.

Kita harus mengupayakan umur dan diri kita ini bermanfaat bukan hanya bagi diri kita sendiri dan keluarga, tapi juga bagi masyarakat sekitar. Rasulullah bersabda “خَيْرُكُمْ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ “ sebaik-baik kalian adalah yang paling bermanfaat terhadap sekitarnya.

Mempunyai umur lebih dari 40 tahun sebenarnya merupakan anugrah dari Allah. Dalam sebuah hadith Qudsi Allah berfirman, “Apabila hamba-Ku mencapai umur 40 tahun, maka Aku selamatkan dia dari 3 bala’ (cobaan) yaitu gila, lepra, dan kusta. Apabila ia mencapai umur 50 tahun, maka Aku timbang dengan timbangan secara mudah. Apabila ia mencapai umur 60 tahun maka Aku beri kesukaan untuk kembali (bertaubat)” (hadith Riwayat Imam Turmudhi dari Utsman bin ‘Affan).

Mempunyai umur diatas 60 tahun adalah suatu anugrah tapi sekaligus suatu cobaan. Maksudnya apakah bisa menjalaninya dengan sabar dan benar, atau tidak?. Mengapa masa tua harus dijalani dengan benar dan sabar? Karena pada masa ini kondisi fisik dan psikis sudah menurun konsentrasi sudah menurun pula. Malah semakin tua semakin pikun dan keadaannya menjadi seperti anak kecil lagi. Keadaan masa tua digambarkan dalam al-Qur’an dan hadith antara lain sebagai berikut:

“ …dan ada pula diantara kamu yang dipanjangkan umurnya sampai pikun, supaya dia tidak mengetahui lagi sesuatupun yang dahulunya telah diketahuinya…” (QS. Al-Hajj 5).

Apabila manusia mencapai umur umur 70 tahun, maka Aku senangkan ia kepada malaikat. Apabila ia mencapai 80 tahun, kebaikan-kebaikannya Aku tulis, dan keburukan-keburukannya Aku lemparkan. Apabila ia mencapai umur 90 tahun maka malaikat berkata “ Tawanan Allah di bumi” , maka Allah mengampuni dosa-dosanya yang telah lampau dan yang akan datang serta diberinya syafa’at. Apabila ia mencapai sehina-hina umur maka Allah menulis untuknya seperti kebaikan yang telah dikerjakannya. Jika ia berbuat keburukan maka keburukan itu tidak ditulis” (HR. Turmudhi dari Uthman bin ‘Affan).

Adapun kewajiban keluarga yang memiliki orangtua yang sudah berusia lanjut adalah memelihara dan menjaganya dengan baik serta bersikap sopan-santun dan lemah lembut pada mereka. Hal ini tertera dalam al-Qur’an dan hadith yaitu:

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain  Dia, dan hendaklah kamu berbuat pada ibu dan bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah satu diantara keduanya atau kedua-duanya berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia” (QS. Al-Isra’ 23).

Peliharalah kasih sayang orang tuamu, janganlah engkau putuskan. Jika engkau putuskan, maka Allah memadamkan cahayamu” (HR. Bukhari).

Bagi mereka yang telah berumur diatas 40 tahun dan masih memiliki orang tua (terutama yang sudah berusia lanjut ) alangkah baiknya apabila sering berdoa dengan doa dalam ayat al-Qur’an QS. Al-Ahqaaf 23.

Semoga kita senantiasa menjadi manusia-manusia yang bermanfaat dan berbakti dengan orangtua kita………………Amin Ya Rabb……

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s