Pondasi

Kehidupan ini ditentukan pada keserasian realitas, maka untuk bisa hidup yang sesuai di butuhkan pondasi yang kokoh. Senada dengan karakter kita sebagai seorang Muslim, pendidikan agama Islam merupakan pijakan pondasi yang diharapkan mampu membangun diri dan generasi Muslim seutuhnya. Jika orientasi Rasulullah SAW sebagai Rasul dan uswah adalah Rahmatan lil’Alamin, maka setidaknya diantara umat ini  harus ada yang banyak bersikap seperti Rasulullah SAW. Namun kenyataannya banyak dari kita berpaling bahkan sengaja lari dari tuntunan dan ajaran Rasulullah SAW, dengan dalih-dalih tidak sesuai dengan modernitas atau kurang mampu melaksanakan.

Berpijak dari kenyataan yang ada, maka tantangan yang harus dihadapi adalah perbaikan umat. Perbaikan umat itu bisa ditentukan dari membangun ulang pondasi yaitu dengan pendidikan yang tegas baik secara esensi maupun SDM. Karena perlu kita ketahui bahwa kerusakan umat ini berpusat pada esensinya  dan sumber daya manusianya sebagai seorang Muslim. Banyak dari kita mampu membaca dan bahkan memahami ayat-ayat al-Qur’an maupun Hadith al-Nabawi, namun kenyataannya tidak banyak dari kita yang mampu dan mau mengamalkannya, bukankah ini dapat dikatakan bahwa “sebagian kita hanya mengimani tulisan al-Qur’an namun, kita mengkufuri esensi dari al-Qur’an”??.

Dari hal ini dapat kita garis bawahi, bahwa hidup itu butuh pondasi, hidup tidak hanya sekedar hidup, dan pondasi tidak hanya sekedar pondasi….butuh perenungan, butuh kesadaran diri, butuh kemauan keras untuk bisa bangkit kembali. Membangun ulang pondasi diri yang ada selain dengan pendidikan yang tegas yaitu dengan kembali kepada al-Qur’an dan al-Sunnah.

Wallahu’allam Bishowaab

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s