ORANG ISLAM HARUS KAYA

Kalimat “Orang Islam Harus Kaya”, bukanlah sesuatu yang ekstrem. Rasulullah SAW telah memberi rambu-rambu ‘bekerjalah kamu seakan-akan hidup seribu tahun lagi, beribadahlah kamu seakan-akan mati besok pagi’. Di balik hadith itu tersirat pesan bahwa orang Islam harus kaya dan menjadi terdepan dalam perekonomian global. Rasulullah tidak menghendaki umatnya miskin dan dilindas oleh keadaan. Sebab dalam hadith lain diterangkan, ‘kefakiran lebih dekat kepada kekafiran’.

Jika dilihat dari sejarah yang ada Rasulullah dan para sahabatnya telah banyak memberikan contoh bahwa mereka tidak menghindari kekayaan. Abu Bakar dan Abu Sufyan salah satunya sebagai sahabat yang kaya raya, dengan kekayaan itu maka perjuangan Islam menjadi dinamis hingga mampu mencapai kejayaan. Mereka bekerja keras untuk menjemput rezki, namun ikhtiar mereka disertai dengan tawakkal kepada Allah SWT. Maka kaya menjadi sarana untuk memudahkan kita dalam menempuh kesempurnaan beribadah.

Mengapa bisa begitu??, ya karena ‘Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah’, dan ini merupakan hadith Rasulullah SAW yang diajarkan kepada kita. Sekarang mari kita tanyakan kepada diri sendiri: dalam hidup ini, sukakah jika kita sebagai golongan orang yang memiliki tangan di bawah? Tentu tidak. Tangan di bawah artinya, senantiasa mengharap bantuan orang lain. Kita pasti ingin lebih terhormat sebagai hamba Allah, maka untuk mencapai itu, perlulah tangan di atas. Artinya menjadi manusia yang suka memberikan pertolongan kepada orang lain. Hidup akan berarti apabila kita dapat memberikan sesuatu yang terbaik kepada sesama.

Pertanyaannya sekarang, apakah kita mampu memberikan pertolongan sementara diri sendiri butuh bantuan orang lain? Orang yang mampu memberikan pertolongan kepada orang lain dalam hal materi adalah orang kaya. Karena itu sekali lagi, bangkitkan potensi diri dan buka keajaiban rezki dengan mengulang-ulang pernyataan “HIDUP HARUS KAYA !”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s