STRES

Ternyata penyakit stres ini banyak terjadi dan menjangkit banyak segi kehidupan manusia…..bukan begitu??! Apakah anda perlu mengajari diri anda sendiri untuk mengelola stres?? Ya stres adalah bagian dan hadiah dari perubahan. Perubahan dalam kehidupan kita berarti variasi, perubahan juga tidak bisa dipisahkan dari tantangan-tantangan, tuntutan-tuntutan, dan ancaman-ancaman yang ada. Banyak solusi yang mampu kita tawarkan untuk diri sendiri, dimulai dari meningkatkan kemampuan dalam menangani tuntutan, mengubah tuntutan-tuntutan tersebut,  mengisi ulang baterai kita untuk meningkatkan penanganan masalah, mempelajari gaya hidup kita, mengurangi perilaku kita untuk meningkatkan sumber menangani tuntutan, dan meningkatkan ketrampilan hidup pribadi untuk meningkatkan sumber menangani tuntutan.

Meningkatkan kemampuan dalam menangani tuntutan adalah hal yang urgensi dalam mengelola diri kita, bahkan dampaknya lebih jauh mampu meningkatkan dinamika dan kinerja kita. Maka diawali dengan membuat perencanaan dan strategi-strategi dalam menghadapi tuntutan, lalu menyeimbangkan diri kita terhadap tuntutan dengan tepat, dan membangun sumber daya untuk penanganan masalah.

Mengubah tuntutan menjadi hal yang menantang sehingga kita tergerak untuk melakukannya. Diawali dengan belajar mengatakan “tidak”, ketika kita merasa tidak bisa melakukan kerja yang lebih banyak maka jujurlah, nyatakanlah dan tegaskanlah dalam jawaban kita. Mengorganisasikan hidup kita dengan membuat prioritas dan bersikap realistis tentang apa yang bisa kita capai. Menentukan tujuan-tujuan yang realistis yang sekiranya mampu kita capai. Dengan menghindari sikap perfeksionisme, karena selalu berusaha keras untuk mencapai kesempurnaan biasanya kontra produktif. Dengan mendelegasikan tugas, tentunya dengan memastikan memilih orang terbaik yang sesuai untuk tugas itu dan yang mempunyai waktu untuk melakukannya. Mencari bantuan dan dukungan dari orang-orang di sekitar kita sehingga menguntungkan dan mengurangi beban. Dengan belajar bekerja lebih efisien, sehingga kita mampu mengendalikan semua pekerjaan dan waktu yang diberikan. Dengan menghindari ketidakpastian, karena ketidakpastian penyebab banyak distres.

Meluangkan waktu bagi diri kita untuk mengisi ulang baterei-baterei kita, dengan melakukan banyak hal. Maka kembangkanlah kegiatan relaksasi seperti olahraga ringan, yoga, meditasi, dan bernafas dengan benar. Atau bisa dengan berpindah dari satu kegiatan dengan kegiatan yang lain….mudah bukan??

Ada sejumlah cara dimana kita bisa mengubah gaya hidup kita untuk membangun ketahanan terhadap stres. Apabila kita sehat dan segar maka akan merasa baik-baik saja, harga diri kita akan menjadi tinggi, dan kadar-kadar kejengkelan, kemarahan dan sifat memusuhi kita rendah. Gaya hidup ini dengan mempelajari kembali diet, manfaat kafein dan nikotin, berat badan, fitness dan olahraga, tidur dan istirahat.

Mengurangi perilaku untuk meningkatkan sumber penanganan tuntutan dengan berbagai cara yang mampu kita tempuh. Diantaranya, pelan-pelan jangan tergesa-gesa, mengapa berpacu dengan waktu?. Tangani satu tugas saat ini dan nikmatilah. Belajarlah memanfaatkan waktu sambil menunggu. Organisasikan kegiatan-kegiatan harian kita untuk menghindari penumpukan. Terimalah kesalahan dan kekhilafan kita serta orang di sekitar kita. Hindari kemarahan atas hal-hal yang tidak bisa kita ubah. Senyum dan berikanlah cinta dan kasih sayang. Berlatihlah menjadi pendengar yang baik. Belajarlah untuk rileks, lihatlah sekeliling dan hargailah alam serta lingkungan kita. Bersenang-senanglah sejenak untuk menghilangkan penat yang ada.

Bagaimana apa anda mampu mengelola “LIFE WITHOUT STRES”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s