KESUKSESAN

Suatu hari, muncul di benak saya pertanyaan yang meresahkan dimana pada waktu tersebut saya belum menemukan jawabannya yang pasti. Pertanyaan yang muncul adalah “ APA ARTI SEBUAH KESUKSESAN??”, yah memang bukan pertanyaan yang sulit untuk dijawab secara teoritis akan tetap butuh jawaban yang logis dan empiris. Berawal dari pertanyaan yang muncul tersebut membuat saya harus mencari dan menggali dari profil-profil yang telah mencicipi dan merasakan sebuah kesuksesan. Dari pengalaman menggali dan mencari dapat saya simpulkan ternyata arti kesuksesan itu relatif tergantung bagaimana personil tersebut memaknai………….hebat memang!!

Kisah yang pertama saya gali dari seorang Profesor dan ahli di bidang pendidikan, beliau dengan mudah menjawab pertanyaan muridnya “ Prof, bagaimana menurut anda arti dari sebuah kesuksesan  ?”, Profesor tersebut menjawab dengan mudahnya “ maknai kesuksesanmu dengan mudah yaitu apabila kamu mampu melakukan sesuatu yang tidak dilakukan orang lain berarti kamu berhasil berarti kamu sukses, mudah kan?! Contohnya ketika orang lain tidur dengan lelapnya di tengah malam, sedangkan kamu mampu bangun dan bermunajat kepada Tuhanmu…berarti kamu sukses.”

Kisah yang kedua saya gali dari seorang Kyai & Ulama besar, beliau dengan tegas menjawab arti sebuah kesuksesan yaitu “ kesuksesan tidak akan datang dengan sendirinya, tapi ia perlu dicari. Maka bergeraklah karena setiap gerakan pasti ada barokah, kunci kesuksesan jika kita berusaha keras, berdoa keras, berpikir keras, dan bersabar keras. Karena gerakan akan melahirkan dinamika, dinamika melahirkan etos kerja, etos kerja melahirkan militansi dan militansi melahirkan idealisme……..fantastis bukan?!!

Kisah yang ketiga saya gali dari seorang kawan interpreuner yang banyak bergelut di berbagai bidang, ia dengan lugas menjawab arti sebuah kesuksesan yaitu “mampu mengembangkan bisnis dari yang skala kecil menjadi skala raksasa, dari sistem kerja yang minimal dengan pendapatan yang maksimal. Dari yang mampu memberikan lapangan pekerjaan kepada 10 kepala keluarga sampai pada jutaan kepala keluarga………..asyik bukan?!!

Kisah yang terakhir saya dapatkan dari seorang Amru Khalid, ia adalah seorang dai muda Mesir yang banyak berkecimpung dalam hal management qalbu. Ia menjawab dalam tulisannya bahwa arti sebuah kesuksesan adalah “keikhlasan”. Menurutnya keikhlasan adalah puncak amalan hati, yang merupakan pondasi dari segala perbuatan kita. Maka kesuksesan berawal dari keikhlasan dalam segala hal, baik secara jasmani maupun ruhani…….subhanallah.

Dari beberapa pengalaman ini, memiliki makna yang sangat menakjubkan di setiap buah pikir masing-masing profil. Maka kesuksesan sebenarnya ada di depan mata hanya bagaimana cara kita meraihnya dan memaknainya. Lalu bagaimana dengan ANDA???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s