Belajar Teliti pada Lebah

Lebah pekerja (mason bee) adalah makhluq hidup yang menarik perhatian karena ketelitian yang ditunjukkannya dalam membangun sarang. saat lebah betina yang ingin membangun sarang menemukan tempat, dia membersihkannya. Untuk membangun sarang, lebah harus menemukan sumber lumpur dulu.  Jika tidak dapat menemukan lumpur, ia mencari tanah yang bertekstur lembut dengan cara mencampurkan tanah itu dengan air liurnya.

Lebah pekerja memulai pembangunan dengan meraup sepotong lumpur dengan rahangnya, kemudian membangun sarangnya dengan lumpur itu, ia tidak segera memulai pekerjaan itu dengan acak-acakan dan serampangan. Kemudian, lebah akan menyusun lumpur dalam bentuk bulan sabit, dan setelah lubang ini selesai dibangun, ia mengumpulkan makanan untuk disimpan. Lebah menempatkan serbuk sari di belakang sarang, kemudian meninggalkan madu diatas serbuk sari itu dan merampungkan persiapan untuk telur yang akan diletakkannya.

Lebah mulai bertelur kemudian lebah betina mulai membangun dinding untuk sekat lumpur lain. Secara berurutan, lebah melanjutkan proses bertelur dan pembangunan sel sampai lubang-lubang sel tersebut membentuk barisan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s